Kamis, 21 Juni 2012

Awas! 12 Negara Ini Berbahaya Bagi Turis




Tidak selamanya tempat eksotis dan cantik bisa dijadikan tempat liburan. Apalagi jika negara tujuan liburan Anda sedang terkena konflik. Berikut 12 negara yang tidak aman terutama bagi turis.

Ditengok dari News.com, Kamis (21/6/2012), ada beberapa negara yang diberi label "Do Not Travel" atau jangan liburan ke sana. Alasan utama dari label tersebut adalah masalah keamanan.

Jika diurutkan secara alfabet, Afghanistan jadi negara pertama yang muncul dalam daftar yang dibuat oleh situs Smartraveller. Padahal pada dekade 1960-an dan 1970-an, Afghanistan adalah tujuan utama turis hippies. Kini, banyak daerah yang tidak boleh dikunjungi.

Setelah Afghanistan, di kawasan Afrika ada Chad, dan Republik Afrika Tengah, kemudian kawasan Irak dan Libya. Masing-masing menempati urutan ke-2,3,4 dan 5. Urutan selanjutnya adalah Mali, Niger, Somalia, Sudan Selatan, Suriah dan Yaman. Ke-12 negara ini memang sedang mengalami konflik. Baik itu konflik baru atau berkepanjangan.

Meski berbahaya, banyak juga pelancong yang kerap mendatangi tempat-tempat tersebut. Kebanyakan karena tergoda rasa ingin tahu, sementara lainnya lebih karena tidak ingin mengikuti jejak liburan yang sudah umum, atau dengan kata lain, tidak ingin terbawa mainstream.

Pendiri Lonely Planet, Tony Wheeler pernah mendatangi negara-negara di atas. Ia pun menulis pengalamannya dalam sebuah buku yang berjudul 'Bad Lands'. Berikut kutipan dari buku tersebut yang mencerminkan bagaimana keadaan di sana:

"Perjalanan saya menuju Bad Lands membawa saya ke negara-negara yang sangat indah. Dari gurun pasir tak berujung hingga pegunungan berselimut es. Dari sungai-sungai deras hingga pantai tropis. Tapi hal itu selalu berlatarkan kenyataan bahwa ada yang salah di negara-negara. Bukan alam yang salah, tapi orang-orangnya."

Tidak bisa dipungkiri, tak ada yang bisa melarang Anda untuk berkunjung dan berlibur ke mana saja. Namun jangan lupakan juga faktor keselamatan diri Anda sendiri. Tak ada tempat yang tidak bisa dicapai. Hanya saja, jangan buta dan tidak melihat sekitar.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

blogger yg baik selalu meninggalkan komentar.