Jumat, 20 Juli 2012

Melancong ke Kota Peristirahatan Raja di Batu



Kota Batu di Jawa Timur memang terkenal dengan udaranya yang sejuk. Karena memiliki pemandangan indah dan juga udara yang segar, kota ini pun pernah jadi tempat peristirahatan keluarga raja.

Mpu Sindok adalah raja pertama Kerajaan Medang di Jawa Timur pada abad ke-10. Raja yang memiliki gelar Sri Maharaja Rakai Hino Sri Isana Wikramadharmottunggadewa ini memerintahkan seorang petinggi kerajaan untuk membangun sebuah tempat peristirahatan untuk keluarganya. Beliau pun memilih wilayah Batu sebagai tempat peristirahatan, demikian ditengok dari situs resmi pariwisata Indonesia, Rabu (18/7/2012).

Tidak heran memang memilih Kota Batu sebagai tempat peristirahatan. Pemandangannya indah karena dikelilingi banyak gunung seperti Gunung Panderman, Gunung Banyak, Gunung Welirang dan Gunung Bokong. Berada di ketinggian 680-1.200 mdpl membuat kota ini memiliki suhu yang lumayan sejuk yaitu 15-19 derajat celcius.

Malang terkenal dengan apel hijaunya yang garing dan manis. Saat berkunjung ke Batu, melihat pohon apel di pekarangan rumah bukanlah suatu yang aneh. Hampir setiap rumah memiliki pohon apel yang tumbuh subur di taman rumahnya. Kontur jalannya yang naik turun memungkinkan para pelancong melihat pemandangan yang berbeda dari banyak sisi.

Kota sejuk ini memungkinkan banyak tanaman, termasuk bunga, untuk tumbuh sehat dan baik. Turis akan sering melihat bebungaan rimbun yang warna-warni di kiri dan kanan jalan. Jika ingin melihat hamparan bunga dengan warna memesona, datang saja ke Taman Bunga Selecta. Dengan membayar tiket yang tidak lebih dari Rp 15.000, wisatawan sudah bisa menikmati ribuan bunga yang tertata rapi seperti Taman Bunga Keukenhoff di Belanda.

Taman yang sudah dibangun sejak tahun 1928 ini juga memiliki sebuah pemandangan menarik. Di belakang taman, terdapat lembah yang dijadikan ladang sayuran. Deret sayur yang beragam menghasilkan pemandangan warna-warni yang menarik jika dilihat dari atas.

Tak hanya wisata alam, Batu juga memiliki sebuah taman rekreasi yaitu Batu Night Spectacular (BNS). Taman rekreasi ini buka saat malam hari. Mengutamakan permainan lampu yang mengisi setiap sela di sana. Banyak wahana yang bisa dinikmati di sini, anak-anak maupun orang dewasa sama-sama bisa puas bermain di BNS.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

blogger yg baik selalu meninggalkan komentar.